Seputar Panci Presto


Panci presto (pressure cooker) adalah alat yang digunakan untuk membuat aneka ragam masakan dengan cepat dan praktis menjadikan pekerjaan di dapur lebih mudah dan 
efisien karena masakan jadi lebih cepat matang dan empuk dalam waktu singkat.


Ada 4 (empat) keuntungan jika Anda memiliki panci presto :
  • Cepat dalam waktu proses memasak
  • Sehat karena kualitas gizi dalam masakan terjaga
  • Hemat dalam penggunaan bahan bakar gas / minyak tanah
  • Praktis dalam penggunaannya
Bagaimana panci presto dapat memberikan keuntungan ini?
Panci presto memasak pada suhu lebih dari 100°C sehingga waktu masak yang dibutuhkan berkurang 70% dan energi yang diperlukan hanya 50%. Di saat yang sama, Anda dapat menjaga kualitas vitamin, mineral dan nutrisi. Memasak dengan tekanan dapat memastikan aroma dan warna makanan tidak berubah.


Tips Memilih Panci Presto:
  1. Pilihlah panci presto dengan bahan stainless steel yang tebal dan kuat. Hal ini dikarenakan panci harus dapat menahan tekanan uap yang kuat, agar daging/ tulang ayam yang dimasak bisa lunak. 
  2. Panci presto yang baik dilengkapi dengan pengaman. Jadi ketika tekanan presto melebihi tekanan yang ditentukan, maka pengaman otomatis akan terbuka dan uap air yang berlebihan akan keluar. Presto yang tidak dilengkapi dengan pengaman sangat berbahaya karena beresiko bisa meledak.
  3. Pada saat memasang tutup presto, pastikan terpasang dengan rapi dan tepat. Pemasangan karet presto yang tidak tepat akan mengakibatkan keluarnya uap air dan masakan yang dimasak hasilnya yang tidak akan maksimal. Karet presto yang sering dipakai berkali-kali bisa rusak dan tidak elastis lagi, sebaiknya diperiksa dan diganti secara berkala.

Tips Menggunakan Panci Presto:
  1. Buka tutup panci presto  dengan cara menggeser pegangan tutup panci berlawanan arah jarum jam lalu angkat. Masukkan bahan yang akan dimasak dengan air yang disesuaikan.
  2. Tutup kembali panci presto (perhatikan tanda segitiga pada tutup panci presto, harus sama dengan  tanda segitiga pada gagang panci) dengan cara menggeser pegangan tutup panci presto searah jarum jam sehingga pegangan tutup panci sejajar dengan pegangan pada panci presto.
  3. Pada saat mulai memasak menggunakan panci presto, pergunakan api besar. Setelah terdengar bunyi desis panjang, kecilkan api agar masakan dapat matang dengan merata dan lunak. Desis panjang adalah pertanda air yang ada didalam panci presto sudah mendidih. Saat inilah waktu memasak dengan presto dihitung.
  4. Perhatikan jangan sampai air di dalam panci sampai kering, selain masakan yang hangus, panci presto akan menjadi rusak.
  5. Saat dirasa masakan sudah matang (biasanya 60% lebih cepat dari panci biasa), matikan api dan tunggu sekitar 5 menit. Selanjutnya angkat dan miringkan katup besar (ditengah tutup panci) hingga bendol kecil turun pada posisi semula. Setelah tidak ada uap/ tidak berdesis lagi maka tutup panci presto baru dapat dibuka. Ada beberapa jenis pancci presto yang dilengkapi dengan alat pengukur tekanan uap.
  6. Jangan sekali-kali membuka tutup panci presto sebelum mengeluarkan uapnya terlebih dahulu! Berbahaya!
  7. Jika setelah tekanan dikeluarkan dan panci presto dibuka ternyata makanan masih belum cukup matang, jangan khawatir, proses memasak dapat dilanjutkan kembali dengan menutup panci presto.
  8. Setelah mencoba beberapa saat, anda akan mempunyai pengalaman untuk menentukan    waktu memasak yang terbaik untuk anda.
Selamat Memasak dengan Panci Presto!

5 komentar:

IcHa-IcHa diDinDinK mengatakan...

hai mom mau tanya nih ak lg browsing panci presto,dan menemukan bbrp model panci presto yg tanpa karet pengaman. apa itu aman digunakan? mohon jawabannya.

IniKulinerKu mengatakan...

Dear Icha, terima kasih atas kunjungannya di IniKulinerKu.

Untuk meredam uap air dalam panci, panci bertekanan (presto) biasanya dilengkapi dengan karet. Karet ini harus sering diganti agar tetap memiliki daya kerja yang kuat sehingga uap tidak keluar dari panci.

Saat ini muncul model baru panci presto tanpa menggunakan karet, yang diklaim lebih praktis dan mudah digunakan. Panci presto tanpa karet merupakan ciri panci presto dari Italia.

Para produsen panci preto tanpa karet pasti sudah memikirkan dan melakukan uji coba dari segi keamanan.

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan tutup presto tertutup dengan benar sebelum menggunakannya. Dan jangan membuka tutup panci selama presto sedang bekerja. Buka tutup presto setelah agak dingin dan tarik tuas valve ke atas untuk mengurangi tekanan uap.

ACHMAD mengatakan...

makasih gan infonya sangat bermanfaat bgi saya yg mau beli panci presto :)

Mochamad Absor mengatakan...

Panci Presto kami produk Vicenza kelihatannya sudah memiliki masalah dari ring karetnya, mohon infonya dimana kam bisa membelinya ? ukuran pancinya kapasitas 8 Liter

Anonim mengatakan...

Panci Presto tanpa cincin karet, itu bohong. Pasti masih pakai cincin karet, yang biasa sebut gasket, atau sil. Aku punya OX-1022 - 12L, yang katanya tanpa cicin karet. Nyata uap bocor lewat celah antara tutup dan bibir panci. Meski di tutup panci sudah ada gasketnya.

Poskan Komentar